Alur Pelayanan RSUD Jampangkulon

Pelayanan Rawat Darurat

Persyaratan

  1. Pasien Umum / Kontraktor
    1. Identitas Diri KTP
    2. Surat Pernyataan tidak berpindah atau beralih kepenggunaan fasilitas JKN / SKTM
  2. Pasien BPJS / JKN (PBI dan NPBI)
    1. Fotokopi Kartu JKN / BPJS, KTP dan Kartu Keluarga (KK)
    2. Rujukan dari Rumah Sakit PPK II
    3. Bila pelayanan yang diberikan di IGD persyaratan lengkap 3x 24 jam
  3. Pasien Maskin / Gakinda (JPKMM)
    1. KTP / KK / Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
    2. Surat Rujukan Puskesmas atau RSUD (kecuali dalam keadaan gawat darurat) dengan ketentuan persyaratan JPKM lengkap paling lama 3 x 24 jam hari kerja)
    3. SKTM sampai tingkat kecamatan
    4. Rekomendasi Dinas Sosial Setempat (Bagi pasien JPKM)
    5. Rekomendasi Dinas Kesehatan setempat (bagi pasien Gakinda)
    6. Untuk korban bencana alam surat rujukan dapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau dari Kepala Desa / Kelurahan setempat
    7. Gelandangan harus ada rujukan dari puskesmas setempat dan rekomendasi dari Dinas Sosial setempat

Prosedur

  1. Pasien dan keluarga datang ke IGD diterima oleh Security dan dilakukan skrining melalui triase oleh perawat/dokter
  2. Pasien langsung di bawa ke ruang IGD untuk mendapatkan penanganan, setelah lolos Triase dan masuk katagori ATS 1-3. Pasien harus ditangani paling lama 5 (lima) menit setelah sampai di IGD
  3. Keluarga pasien mendaftar ke tempat pendaftaran (Umum, BPJS,Gakinda, JPKMM)
  4. Keluarga dan pasien dilakukan asesmen
  5. Dokter melakukan pemeriksaan fisik, bila diperlukan dilakukan pemeriksaan penunjang untuk melengkapi hasil tes diagnosis berkenaan dengan tanggung jawab untuk menetapkan apakah pasien diterima , dipindahkan atau dirujuk
  6. Hasil penunjang dilaporkan ke DPJP, apabila hasil penunjang baik maka pasien selanjutnya akan diproses rawat inap, jika tersedia ruangan di ruang perawatan
  7. Jika ruang perawatan penuh maka pasien berobat jalan
  8. Jika hasil pemeriksaan penunjang tidak dalam batas normal dan pasien membutuhkan perawatan lebih lanjut di fasilitas yang lebih lengkap, maka pasien akan dirujuk ke RS lain untuk tindak lanjut berikutnya.

Produk Layanan

  1. Pelayanan Gawat Darurat Fisik dan Jiwa
  2. Pelayanan Jasa Konsultasi Spesialis Non Jiwa
  3. Pemasangan Cateter
  4. Pelayanan Insisi
  5. Perawatan Luka
  6. Tindakan Suction
  7. Menjahit Luka
  8. Membuka Jahitan Luka
  9. Penggunaan Bed Side Monitor
  10. Pemasangan Bidai
  11. Perawatan Luka Bakar
  12. Pelayanan Circumsisi
  13. Pelayanan Ekstraksi Benda Asing
  14. Pelayanan Ekstraksi Kuku
  15. Penanganan Pasien dengan Intubasi
  16. Perawatan Luka Gigitan Binatang
  17. Tindakan Tindik
  18. Pelayanan Buka Gips
  19. Penggunaan Alat Nebulizer
  20. Tindakan Krikotomi
  21. Skin Test
  22. Tindakan Resusitasi
  23. Pemberian Oksigen/Jam
  24. Tindakan Fiksasi
  25. Pemasangan Infus
  26. Tindakan Lavage Lambung
  27. Pemasangan NGT
  28. Tindakan Cauter Luka
  29. Pemasangan Defibrilasi
  30. Pemeriksaan EKG
  31. Tindakan Ganti Perban kecil
  32. Tindakan Ganti Perban besar
  33. Tindakan Debridement/Nekrotomi Kecil
  34. Tindakan Debridement/Nekrotomi Sedang
  35. Tindakan Ektirpasi Sederhana dengan Anatesi Lokal
  36. Tindakan Injeksi Pasien Umum
  37. Observasi Pasien Umum
  38. Pemasangan Ransel Verban

Waktu Penyelesaian

  1. Emergency Psychiatric Respon Time (EPRT) ≤ 4 jam
  2. Respon Time pelayanan dokter di Gawat darurat untuk pasien ≤ 5 menit

Biaya dan Tarif

  1. Pasien Umum/kontraktor tarif sesuai dengan Pergub Nomor 43 tahun 2017 (Kelas VIP, I, II, dan III)
  2. Pasien BPJS sesuai dengan tarif paket INA CBGs yang dikeluarkan kementerian kesehatan
  3. Pelayanan Obat sesuai harga obat

Rawat Jalan

Persyaratan

  1. Pasien Umum / Kontraktor
    1. Identitas Diri KTP
  2. Pasien BPJS / JKN (PBI dan NPBI)
    1. Fotokopi kartu JKN / BPJS dan Kartu Keluarga
    2. Rujukan dari Puskesmas
    3. Bila pelayanan yang diberikan di IGD persyaratan lengkap 3x 24 jam
  3. Pasien Maskin / Gakinda (JPKMM)
    1. KTP / KK / Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
    2. Surat Rujukan Puskesmas atau RSUD (kecuali dalam keadaan gawat darurat) dengan ketentuan persyaratan JPKM lengkap paling lama 3 x 24 jam hari kerja)
    3. SKTM sampai tingkat kecamatan
    4. Rekomendasi Dinas Sosial Setempat (Bagi pasien JPKM)
    5. Rekomendasi Dinas Kesehatan setempat (bagi pasien Gakinda)
    6. Untuk korban bencana alam surat rujukan dapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau dari Kepala Desa / Kelurahan setempat
    7. Gelandangan harus ada rujukan dari puskesmas setempat dan rekomendasi dari Dinas Sosial setempat

Prosedur

  1. Pasien Baru
    1. Pasien mengambil nomor antrian
    2. Pasien/ keluarga mendatangi loket setelah di panggil nomor antriannya
    3. Petugas menanyakan terlebih dahulu apakah pasien tersebut pernah berobat kerumah sakit atau belum
    4. Petugas memasukan data ke sistem SIMRS
    5. Pasien/keluarga membayar karcis untuk pasien umum dan untuk pasien dengan jaminan dipersilahkan untuk kebagian verifikasi /pengendali
    6. Pasien selanjutnya menunggu di piliklinik yang dituju
  2. Pasien Lama
    1. Pasien mengambil nomor antrian
    2. Pasien/keluarga mendatangi loket seteah di panggil nomer antriannya dan menyerahkan kartu berobat (KIB)
    3. Petugas menanyakan dahulu apakah pasien tersebut pernah berobat ke rumah sakit atau belum
    4. Petugas memasukan data ke sistem SIMRS
    5. Pasien/keluarga membayar karcis untuk pasien umum dan untuk pasien dengan jaminan dipersilahkan untuk kebagian verifikasi/pengendali
    6. Pasien menunggu di poliklinik yang di tunggu

Produk Layanan

  1. Klinik Penyakit Dalam
  2. Klinik Obsentri dan Ginekologi
  3. Klinik Anak
  4. Klinik Bedah
  5. Klinik Anestesi dan Terapi Insentif
  6. Klinik Neurologi (Syaraf)
  7. Klinik Mata
  8. Klinik THT-KL
  9. Klinik Gigi
  10. Klinik Kesehatan Umum
  11. Klinik TB Dots
  12. Klinik HIV
  13. Klinik Geriatri
  14. Konsultasi Gizi

Waktu Penyelesaian

  1. Waktu tunggu ≤ 60 Menit, Tergantung jenis pemeriksaan dan tindakan yang dilakuakn oleh dokter pemeriksa

Biaya dan Tarif

  1. Pasien Umum/kontraktor tarif sesuai dengan Pergub Nomor 43 tahun 2017
    1. Poliklinik Spesialis
      Rp. 35.000
    2. Poli Umum
      Rp. 250.000
    3. Poli Gigi
      Rp. 25.000
    4. Poli Gigi
      Rp. 25.000
    5. Hemodialisa
      Rp. 500.000
  2. Pasien BPJS sesuai dengan tarif paket INA CBGs yang dikeluarkan kementerian kesehatan
  3. Pelayanan Obat sesuai harga obat

Rawat Inap

  1. Pasien Umum / Kontraktor
    1. Identitas Diri KTP
    2. Surat Pernyataan tidak berpindah atau beralih ke penggunaan fasilitas JKN / SKTM
  2. Pasien BPJS / JKN (PBI dan NPBI)
    1. Fotokopi kartu JKN / BPJS dan Kartu Keluarga
    2. Rujukan dr Rumah Sakit PPK II
    3. Bila pelayanan yang diberikan di IGD persyaratan lengkap 3x 24 jam
  3. Pasien Maskin / Gakinda (JPKMM)
    1. KTP / KK / Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
    2. Surat Rujukan Puskesmas atau RSUD (kecuali dalam keadaan gawat darurat) dengan ketentuan persyaratan JPKM lengkap paling lama 3 x 24 jam hari kerja)
    3. SKTM sampai tingkat kecamatan
    4. Rekomendasi Dinas Sosial Setempat (Bagi pasien JPKM)
    5. Rekomendasi Dinas Kesehatan setempat (bagi pasien Gakinda)
    6. Untuk korban bencana alam surat rujukan dapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau dari Kepala Desa / Kelurahan setempat
    7. Gelandangan harus ada rujukan dari puskesmas setempat dan rekomendasi dari Dinas Sosial setempat

Produk Layanan

Administrasi dan Jasa Pelayanan Rawat Inap, yaitu pelayanan terhadap pasien yang kondisi sakitnya memerlukan upaya diagnostik, terapeutik, atau tindakan medis-keperawatan oleh dokter-perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang dilakukan di Instalasi rawat Inap atau karena berbagai sebab pasien tidak dapat melakukan upaya tersebut tanpa bantuan dokter/perawat/ tenaga kesehatan lainnya

Waktu Penyelesaian

  1. Kepastian Pelayanan Rawat Inap dan penanganan s.d. 2 Jam
  2. Penerimaan pasien baru 15- 30 menit
  3. Orientasi pasien baru 10 menit
  4. Pengisian Assasment Awal 15- 30 menit
  5. Administrasi pasien pulang 1 jam

Biaya dan Tarif

  1. Pasien Umum/kontraktor tarif sesuai dengan Pergub Nomor 43 tahun 2017
    1. Kelas VIP
      Rp. 500.000
    2. Kelas I
      Rp. 200.000
    3. Kelas II
      Rp. 125.000
    4. Kelas III
      Rp. 100.000
    5. Ruang intensif
      Rp. 125.000
  2. Pasien BPJS sesuai dengan tarif paket INA CBGs yang dikeluarkan kementerian kesehatan
  3. Pemeriksaan penunjang sesuai pola tarif yang tercantum pada Peraturan Gubernur No 43 tahun 2017
  4. Pelayanan Obat sesuai harga obat